Welcome To My Blog

Welcome To My Blog

Senin, 11 Desember 2017

Resep Kue Sus

Bahan-bahan :

Bahan untuk kulit sus :

  • 125 gram margarin
  • 150 gram terigu
  • 220 ml air
  • 3 butir besar (4 butir telur kecil)

Bahan untuk vla vanilla :

  • 60 gram tepung maizena
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sdm margarin
  • 1 sdm tepung custard (opsional)
  • 2 buah kuning telur
  • 650 ml susu UHT
  • Vanila bubuk secukupnya
  • Garam secukupnya 


Cara membuat kulit sus

1. Pertama-tama kita membuat kulit kue susnya dulu. Untuk membuatnya, siapkan semua bahannya seperti terigu, margarin, telur, dan juga air.
2. Langkah selanjutnya silakan siapkan panci, tuangkan air, masukkan margarin, kemudian masak hingga mendidih.
3. Tambahkan terigu ke dalam campuran air dan margarin yang masih dalam kondisi mendidih.
4. Setelah itu, aduk rata adonan terigu yang bercampur margarin hingga benar-benar kalis dan tidak menempel di dinding panci. Anda bisa menggunakan solet kayu untuk mengaduk adonannya hingga rata dan kalis.
5. Diamkan adonan sebentar hingga hangat. Karena jika adonannya masih panas, dan kita memasukkan telur ke dalamnya, maka telur bisa-bisa menjadi matang.
6. Jika adonan sudah mulai hangat/ dingin, aduk sebentar menggunakan mixer dengan kecepatan rendah lalu aduk hingga adonan menjadi butiran-butiran dan rata seperti gambar berikut.
7. Sambil tetap diaduk, masukkan telur satu persatu. Ketika telur terakhir dimasukkan, tambah kecepatan mixer menjadi satu atau dua tingkat lebih cepat dari sebelumnya.
8. Aduk terus hingga adonan menjadi berlipat-lipat (ketika dituangkan), kental dan padat.
9. Setelah itu, persiapkan plastik piping bag (segitiga) dan juga spuit bulat atau spuit 1M.
10. Agar adonan tidak meleber kemana-mana, disarankan agar anda memasukkan plastik kedalam gelas, kemudian ambil adonan menggunakan sendok.
11. Ringkaskan jika anda menggunakan gelas. Ketika melangkah ke proses pencetakan, panaskan oven pada suhu 200 derajat celcius.
12. Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah, menyiapkan piping bag lagi untuk dijadikan cover terluar plastik dan tempat spuit. Dengan begitu, posisi plastik yang ada adonannya berada di bagian dalam, dan jangan lupa juga untuk menggunting bagian ujungnya.
13. Siapkan loyang yang sudah diolesi margarin sebelumnya. Letakkan kertas bakar yang juga diolesi margarin. Untuk cetakannya, anda bisa menggunakan cetakan pie yang sudah di olesi margarin,  agar ketika kue sus sudah matang, anda bisa melepasnya dengan mudah. Tuangkan adonan kue sus kedalam cetakan. Cara mencetaknya pun cukup mudah, yaitu memutar dari dalam keluar. Berikut penampakan kue sus sebelum dipanggang.
14. Masukkan loyang yang berisi sedikit air ke dalam oven yang sudah panas (suhu 200 derajat celcius). Kenapa  ditambahkan sedikit air di atas loyang? Hal tersebut guna mencegah kue sus gosong. Jangan buka oven selama 20 menitan atau sampai buih-buih pada kulit kue sus menghilang. Panggang sampai matang.
15. Berikut ini tampilan kulit sus yang sudah matang. Kulit sus yang bagus itu berongga atau kepong seperti yang tampak pada gambar berikut ini.

Tidak ada komentar: